Bus Gratis Mudahkan Pasien Berkunjung Ke Rumah Sakit Unand

Keberadaan Rumah Sakit Universitas Andalas sebagai salah satu fasilitas kesehatan masyarakat di kota Padang sejak Maret 2017 memberi kemudahan bagi masyarakat untuk memperoleh layanan masyarakat. Untuk itu Rumah Sakit Unand terus membenah diri agar bisa memberikan pelayanan terbaik sehingga pasien merasa nyaman dan puas.

Rumah Sakit Unand berlokasi di Kampus Unand Limau Manis, Pauh kota Padang. Tak jarang beberapa pasien ada yang mengeluhkan sulitnya akses menuju rumah sakit karena tidak memiliki kendaraan atau tidak ada keluarga yang bisa mengantarkan pasien ke Rumah Sakit Unand. Karena itulah Rumah Sakit Unand berusaha memberikan solusi dengan menyediakan transportasi gratis. Transportasi yang disediakan berupa satu unit bus yang beroperasional setiap harinya.

Bus Gratis ini sudah beroperasioanal sejak tahun 2019 dan membuka beberapa Rute dengan jam yang sudah disesuaikan. Jadwal operasional bus dimulai pada pukul 08.00-15.00 WIB dengan dengan tiga rute. Rute ini dibuat sesuai dengan banyaknya kebutuhan transportasi gratis di daerah yang dilalui Bus Gratis Rumah Sakit Unand dan berjalan untuk menjemput dan kembali mengantarkan pasien ke shuttle bus yang disediakan.

Rute Pertama pukul 08.00-14.00 WIB dimulai dari RS Unand – Pasar Baru – Sungai Balang – Simpang Bandar Buat – Simpang Gadut – LIK – Simpang SMP 13 – Limau Manis – RS Unand. Rute Kedua pukul 10.00 WIB dimulai dari RS Unand – Pasar Baru – Simpang Alai Piai – Smakpa – Limau Manis (Telkom) – RS Unand. Sedangkan untuk rute tiga pukul 15.00 WIB dengan perjalanan dari RS Unand - Pasar Baru – RS Unand.

    

Shuttle bus di Rumah Sakit Unand berada di depan lobi lantai 1 Rumah Sakit Unand. Hal ini dapat mempermudah pasien yang telah selesai mendapatkan pelayanan bisa langsung menuju bus. Dengan tersedianya Bus Gratis Rumah Sakit Unand telah meringankan salah satu beban pasien dalam hal transportasi.

Tidak berhenti dengan penyediaan layanan transportasi gratis, Rumah Sakit Unand pun terus membuka akses untuk memudahkan pasien berkunjung yaitu dengan mengupayakan adanya rute moda transportasi TransPadang memasuki wilayah RS Unand. Hal ini sudah terealisasi sejak 1 Januari 2023 lalu. Tentunya ini semakin memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi pasien. Kedepannya akan ada akses lain yang dibuka dengan dibangunnya jembatan menuju RS Unand dari daerah Limau Manis. Pembangunan jembatan ini pun telah diresmikan oleh Gubernur Sumatera Barat pada Sabtu, 18 Maret 2023 lalu.

Rumah Sakit Unand terus berkembang dan kini telah bertransformasi menjadi Rumah Sakit Tipe B. Sebagai satu-satunya rumah sakit tipe B di kota Padang, tentunya fasilitas pelayanan rumah sakit harus terus ditingkatkan dan semakin banyak masyarakat yang akan datang tidak hanya dari kota Padang, namun juga luar kota dan provisi Sumbar.

Semoga kedepannya kendala akses transportasi bukan lagi menjadi alasan bagi para pasien untuk berkunjung ke Rumah Sakit Universitas Andalas.