Salam TOSS Universitas Andalas dan comestroarra.com

Jumat berkah. Ya, pada 10 Maret 2023 ini, adalah langkah baru bagi comestoarra.com untuk dapat mengabadikan hasil temuan, data-data, pengalaman, dan juga cerita sedih serta bahagia bersama Universitas tertua di luar pulau Jawa, yaitu @UniversitasAndalas.

Banyak hal yang harus dituliskan dalam artikel dan jurnal ilmiah. Banyak pula hal yang harus disempurnakan mengingat apa yang sudah berjalan selama ini sebagian besar adalah data-data empirik. Tentu data-data empirik ini harus diselaraskan dengan kaidah-kaidah akademik untuk kepentingan transisi energi dan juga net zero emisi. Kalau dilihat dari aspek sejarah, Padang dan wilayah Sumatera Barat memiliki peranan penting bagi Indonesia sejak pra kemerdekaan, saat kemerdekaan, dan pasca kemerdekaan Republik Indonesia. Mudah-mudahan, melalui kerja sama ini, Comestoarra dan TOSS bisa dikenal dan direplikasi di seluruh Indonesia bahkan dunia. Dari sisi ketokohan, nama-nama besar seperti Mohammad Hatta, Tan Malaka, Sutan Sjahrir, dan Haji Agus Salim adalah kontributor besar bagi Indonesia.

Bung Hatta diketahui sebagai pejuang kemerdekaan Indonesia, konseptor Pancasila dan UUD 1945, serta proklamator Republik Indonesia bersama Bung Karno. Tan Malaka juga merupakan tokoh nasional karena berkontribusi pada pemberian nama Republik Indonesia. Sjahrir adalah perdana menteri di awal kemerekaan Indonesia yang memperjuangkan pengakuan kedaulatan Republik Indonesia serta pencetus politik bebas aktif. Untuk urusan diplomasi, jangan lupakan Agus Salim. Beliau adalah diplomat besar Indonesia yang terlibat aktif dalam pengakuan kedaulatan Republik Indonesia.

Di era transisi energi dan net zero emisi saat ini, mudah-mudahan comestoarra juga bisa menjadi bagian sejarah. Dan nama-nama seperti Supriadi Legino, Djoko Hastowo, Arief Noerhidayat, Achmad Rizal Muttaqin, Lalu Aprian Hamdani, Ivan, Juni Setiawan, Rizki Wisnuaji, I Made Brunner, bisa menasionalkan program Teknologi Olah Sampah di Sumbernya sebagai bahan baku co-firing, dediselisasi, energi kerakyatan. Selain itu, semoga nama-nama tersebut bisa menjadi Agus Salim yang mampu membuat program tersebut dikenal, diakui, dan direplikasi di tingkat internasional. Salam TOSS Indonesia. Mari kita berjuang bersama-sama untuk Indonesia.

by : Pak Arief Noerhidayat (CEO PT ComestoARRA)