Online binäre optionen Aktien oder binäre optionen Binäre optionen autopilot Binäre optionen was sind Binary options trading signals erfahrung Binäre option handeln Binäre optionen charts lesen Binary options demo no registration Mit binären optionen reich werden Binary options trading signals review franco

23/10/2017
by Universitas Andalas
0 comments

Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2017 SWCT Mahasiswa Teknik Lingkungan

Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2017 SWCT Mahasiswa Teknik Lingkungan

Minggu, 5 Maret 2017 kelompok kegiatan mahasiswa Jurusan Teknik Lingkungan (JTL) Unand yang tergabung dalam Solid Waste Creative Team (SWCT) mengadakan kegiatan bertajuk bebas sampah sebagai upaya memaknai Hari Peduli Sampah Nasional 2017. kegiatan berbasis pengabdian masyarakat ini dilakukan di dua lokasi di Kota Padang, yakni di Kawasan Pasar Baru (Jl. Moh. Hatta) dan di Kawasan Pasar Pagi (Jl. Haji Juanda). Mengusung tema “Mari Ciptakan Lingkungan yang Bersih dari Sampah”, mahasiswa SWCT melakukan kegiatan tukar sampah yang bisa didaur ulang dan bernilai ekonomi, dengan sembako. Selain itu juga dilakukan pembagian tas lipat yang sangat berguna terutama dalam mengurangi penggunaan kantong kresek, terutama saat kegiatan berbelanja di pasar. SWCT yang saat ini dibina oleh Dosen JTL, Ir. Yenni Ruslinda, MT menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat terutama untuk terus mensosialisasikan pada masyarakat akan betapa besarnya pengaruh pengurangan jumlah sampah dan bermanfaatnya sampah jika bisa dikelola dengan tepat.

IMG-20170305-WA0000

11/09/2017
by Universitas Andalas
0 comments

Pengabdian Masyarakat KBK Air 2017

       Pada hari Minggu pagi 10 September 2017 telah dilaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat KBK Air dengan judul ” Sosialisasi Pemanfaatan Sanimas di Kelurhan Jati Padang”. Acara ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada masyarakat di RW 1 Kelurhan Jati, Padang tentang bagaimana memaksimalkan pemanfaatan fasilitas IPAL Komunal Sanimas (Sanitasi Berbasis Masyarakat) yang telah selesai dibangun di Kelurahan Jati pada awal tahun 2017.
IMG-20170913-WA00231
      Dalam acara ini disampaikan tentang cara peeliharaan dan operasional IPAL, agar IPAL bisa selalu bekerja dengan baik sesuai dengan fungsinya. Acara ini diikuti lebih kurang 50 orang warga RW 1, yang sebagian dari perumahan warganya telah tersambung dengan fasilitas Sanimas. Masyarakat cukup menyambut baik acara ini, dengan menyampaikan pertanyaan yang relevan dengan pemeliharaan dan pemanfaatan IPAL di wilayah mereka

29/04/2017
by Universitas Andalas
0 comments

Sosialisasi dan Bagi-bagi Tumbler ke Pelajar SMAN 3 Padang (Go Green School )

Kegiatan Pengabdian keapda Masyarakat ini dilaksanakan pada tanggal 29 April 2017. Setelah pembukaan oleh MC, acara dilanjutkan dengan pemberian kata sambutan oleh Bapak wakil kesiswaan SMA N 3 Padang, dilanjutkan oleh pembina dan penanggung jawab SWCT-UA yang dalam hal ini diwakilkan oleh Ibu Yommi Dewilda, MT serta pemberian kenang-kenangan berupa plakat dari SWCT-UA ke SMAN 3 Padang. Kegiatan ini dilakukan dengan menghadirkan 2 orang pemateri dari mahasiswa Jurusan Teknik Lingkungan Universitas Andalas yaitu Suci Wulandari dan Putri Amalia Atika. Terdapat juga doorprize yang diberikan kepada pelajar SMAN 3 Padang disela-sela penyampaian materi  dan saat games, serta dilakukan kegiatan bagi-bagi Tumbler kepada pelajar SMA N 3 Padang.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan mampu meningkatkan soft skill melalui interaksi bersama pelajar khususnya tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk bersama-sama mencari pemecahan masalah lingkungan berupa meningkatnya jumlah sampah plastik di Indonesia dari kegiatan membawa Tumbler (botol minum) ke sekolah dan tidak membeli botol air mineral plastik di sekolah.

13/02/2017
by Universitas Andalas
0 comments

Pengabdian Masyarakat Jurusan Teknik Lingkungan di Kelurahan Bungus Barat 11 Februari 2017

        Pada tanggal 11 Februari 2017, Jurusan Teknik Lingkungan (JTL) Unand mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat di Kelurahan Bungus Barat, Kota Padang. Kegiatan yang diprakarsai oleh Kelompok Bidang Keahlian (KBK) Kesehatan Lingkungan ini, bertemakan sanitasi lingkungan masyarakat “Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS)”. Pengabdian masyarakat yang dilakukan berupa sosialisasi hidup sehat masyarakat. Di Kelurahan Bungus Barat, khususnya di RW 04 masyarakat terbiasa melakukan kegiatan BABS. Terkadang membuang ke rawa dekat kawasan pemukiman ataupun melakukannya di pinggiran sungai.

 

IMG-20170211-WA0022

       Sosialisasi ini bertujuan menimbulkan rasa malu dan jijik masyarakat akan perilaku tersebut. Pada acara ini selain dihadiri oleh  Ketua Jurusan dan para dosen JTL, turut hadir Bapak Erman AB selaku lurah beserta perangkatnya dan masyarakat RW 04. Kegiatan pengabdian masyarakat JTL ini mempunyai beberapa tahapan lanjutan. Setelah sosialisasi tanggal 11 Februari 2017 ini, akan dilanjutkan dengan monitoring serta kegiatan pembinaan dan pembentukan kelompok komunitas masyarakat yang sadar dan peduli lingkungan. Dari komunitas ini akan berlanjut pada pemberian bantuan pembenahan fasilitas jamban dan septiktank masyarakat, sehingga bisa membantu perbaikan perubahan kebiasaan masyarakat.